Tepung Gomak

Bahan
- tepung ketan/pulut putih
- kacang hijau
- kelapa parut

Bumbu
- gula merah
- gulapasir
- garam

Peralatan Masak
Peralatan yang diperlukan untuk membuat tepung gomak adalah panci untuk merebus air, baskom sedang untuk membuat adonan kulit dan adonan isi (inti), penggilingan atau kisaran kopi untuk menghaluskan kacang hijau, serta sendok kue.

Cara Membuat
Cara pembuatan kue tepung gomak, pertama kali haruslah dibuatkan dahulu adonan kulitnya yaitu tepung pulut diuli dengan air dan garam sampai dapat dibentuk. Kemudian kacang hijau disangrai, dibuang kulitnya lalu ditumbuk halus. Setelah adonan kulit selesai, lalu dibuat adonan isi yaitu kelapa parut dimasak bersama gula merah dan gula pasir hingga kental. Kemudian adonan kulit yang telah tersedia tadi dibentuk menjadi bola-bola kecil lubangi tengahnya lalu masukkan adonan isi yang juga telah dibulat-bulatkan, lobang kecil tadi ditutup kembali. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan satu-persatu adonan yang telah dibulat-bulatkan tadi. Angkat bila adonan sudah timbul di permukaan air. Terakhir, masukkan ( guling-gulingkan) ke dalam kacang hijau yang sudah ditumbuk halus. Bentuk sesuai selera. Kue siap disajikan.

Penyajian
Fungsi makanan ini adalah sebagai makanan sehari-hari yang dapat disantap pada pagi, siang, ataupun sore hari sebagai kawan minum teh. Air teh yang dihidangkan di Pulau Penyengat selalu air teh manis. Apabila tidak ada air the manis dapat pula disajikan dengan air putih masak.

Nilai Budaya
Dalam kehidupan masyarakat Pulau Penyengat, tepung gomak mempunyai nilai ekonomi karena dapat menunjang perekonomian keluarga bagi masyarakat yang menjual kue tersebut. Tepung gomak juga dihidangkan pada acara kendurian atau selamatan sebagai makanan kecil sesudah atau sebelum menyantap nasi dan lauk-pauknya.

Sumber:
Setiati. Dwi. 2000. Tata Saji Hidangan Melayu Pada Peringatan Hari-Hari Besar Islam Di Pulau Penyengat. Tanjungpinang: Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Tanjungpinang.
Dibaca: