Kue Bakar (Pulau Penyengat)

Bahan
- tepung terigu
- kelapa
- telur
- gula pasir
- minyak goreng

Peralatan Masak
Peralatan yang diperlukan untuk membuat makanan tradisional kue bakar adalah baskom untuk membuat adonan, parutan kelapa, saringan kelapa, oven untuk membakar kue, sendok pengaduk adonan, dan cetakan kue bakar.

Cara Membuat
Adapun pembuatan kue bakar ini adalah dengan cara tepung terigu diayak, kelapa diparut kemudian diambil santannya. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam tepung dan diaduk sampai rata. Setelah adonan diaduk rata, masukkan gula pasir dan telur satu persatu. Setelah itu, diaduk-aduk kembali hingga merata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue bakar yang sebelumnya telah dibersihkan dan diolesi minyak goreng. Terakhir bakar adonan dengan api atas bawah sampai matang.

Nilai Budaya
Nilai yang terdapat dalam makanan tradisional kue bakar ini adalah nilai budaya dan nilai ekonomi. Nilai ekonomi yang terkandung di dalamnya terlihat dari makanan yang mempunyai nilai jual, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga.

Sumber:
Setiati. Dwi. 2000. Tata Saji Hidangan Melayu Pada Peringatan Hari-Hari Besar Islam Di Pulau Penyengat. Tanjungpinang: Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Tanjungpinang.
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive