Singgang

Bahan
- ikan
- ikan tamban
- ikan selikur
- ikan selar
- ikan belanak
- ikan tenggiri
- ikan bulat/ikan cermin
- udang
- sotong (nus, cumi-cumi)

Bumbu
- air asam jawa
- bawang merah
- bawang putih
- cabe rawit
- daun kunyit
- serai
- garam
- jahe

Peralatan Masak
Adapun peralatan yang diperlukan untuk mengolah singgang ini adalah pisau, panci, kuali, irus, dan mangkuk tempat singgang apabila sudah masak.

Cara Membuat
Cara pengolahannya adalah mula-mula ikan dibersihkan, asam jawa diremas-remas memakai air kemudian disaring agar ampasnya tidak terbawa. Asam jawa ini gunanya untuk menghilangkan bau amis ikan. Lalu bumbu yang telah disediakan tadi di iris-iris halus. Setelah itu rebus air hingga mendidih, lalu masukkan ikan dan bumbu-bumbu yang telah diiris tadi. Setelah ikannya matang lalu angkat. Cara mengolah atau memasak singgang ini, selain direbus ada juga yang bumbunya ditumis dahulu, yaitu bumbu-bumbu yang telah diiris ditumis setelah harum baunya kemudian tuangkan air dan air asam jawa. Setelah airnya mendidih lalu masukkan ikannya. Setelah matang ikannya lalu diangkat.

Nilai Budaya
Nilai yang terdapat dalam makanan tradisional singgang ini adalah nilai budaya yaitu masyarakat setempat mengenal masakan tersebut. Makanan ini merupakan makanan khas Melayu yang didapat secara turun-temurun.

Sumber:
Setiati. Dwi. 2000. Tata Saji Hidangan Melayu Pada Peringatan Hari-Hari Besar Islam Di Pulau Penyengat. Tanjungpinang: Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Tanjungpinang
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive