Pantai Glagah (Daerah Istimewa Yogyakarta)


Wisata alam, khususnya wisata pantai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta banyak sekali jumlahnya. Selain pantai-pantai yang sudah tenar, seperti Parangtritis, Baron, Kukup, Krakal, Gesing, Ngobaran, Sepanjang, Wediombo, Drini, Ngandong dan Ngrenehan, terdapat sebuah pantai lain dengan panorama yang tak kalah indahnya. Pantai itu adalah Pantai Glagah yang terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju lokasi pantai yang jaraknya sekitar 40 kilometer dari Kota Yogyakarta ini, dapat dicapai melalui dua rute (menggunakan angkutan umum). Rute pertama, melewati jalur Bantul-Purworejo hingga ke Palbapang. Sedangkan, rute kedua melewati jalur Yogyakarta-Wates-Purworejo hingga ke persimpangan jalan menuju Pantai Glagah lalu dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek hingga ke Pantai Glagah.

Kondisi Pantai
Pantai Glagah adalah sebuah pantai yang landai dengan pasir yang berwarna cokelat kehitaman. Di sepanjang pantai ini tidak terdapat onggokan batu karang yang besar, sehingga pengunjung dengan leluasa dapat melihat garis horizon panjang yang mempertemukan langit dan lautan.

Daya tarik lain dari Pantai Glagah adalah adanya sebuah laguna berair hijau kebiruan yang membagi kawasan pantai ini menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah dataran pantai yang ditumbuhi rerumputan, sedangkan bagian lainnya berupa gundukan pasir yang langsung berbatasan dengan lautan. Sebagai catatan, untuk menghubungkan kedua bagian tersebut terdapat sebuah jalan yang terletak tidak jauh dari muara Sungai Serang.

Fasilitas Pantai Glagah
Fasilitas penunjang obyek wisata Pantai Glagah tergolong lengkap. Misalnya, bagi pengunjung yang ingin mengarungi laguna yang ada di kawasan Pantai Glagah, dapat menyewa getek, kano atau bebek dayung dengan harga sewa yang cukup bervariasi. Tempat penyewaan berbagai kendaraan tersebut dapat ditemukan dengan mudah di kawasan obyek wisata ini.

Sementara, bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan selain pantai dan laguna, dapat mengunjungi perkebunan Kusumo Wanadri yang merupakan agrowisata pantai. Kusumo Wanadri adalah sebuah perkebunan yang membudidayakan beragam tanaman obat mujarab, seperti buah naga yang dikenal mampu menyembuhkan beragam penyakit dan bunga roselle yang konon mampu menetralisir berbagai jenis racun di dalam tubuh.

Pengunjung juga dapat menikmati aneka masakan laut di restoran-restoran atau rumah makan yang ada di tempat wisata ini. Menu santapan pun dapat dipesan sesuai selera. Mulai dari ikan bakar, kepiting rebus, hingga udang tepung. Ikan-ikan laut tersebut langsung berasal dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang letaknya tidak jauh dari Pantai Glagah.

Selain berbagai fasilitas di atas, masih ada berbagai fasilitas penunjang lainnya yang membuat kawasan wisata Pantai Glagah sangat menarik untuk dikunjungi. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah: lapangan parkir yang cukup luas, camping ground, menara pantau, area permainan motor cross, kolam pemancingan, penginapan dan lain sebagainya. Sebagai catatan, untuk dapat memasuki obyek wisata Pantai Glagah pihak pengelola mematok harga tiket masuk bagi pengunjung hanya sebesar Rp.1.500,00 per orang. (gufron)

Foto: http://cybertravel.cbn.net.id
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive