Pantai Samas (Daerah Istimewa Yogyakarta)


Di pesisir selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat sekitar 13 obyek wisata pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Salah satu dari ke-13 obyek wisata itu adalah Pantai Samas yang terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Untuk menuju lokasi pantai yang jaraknya sekitar 24 kilometer dari Kota Yogyakarta ini relatif mudah, baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, karena kondisi jalannya cukup baik. Perjalanan menuju pantai ini banyak menawarkan pemandangan yang indah berupa hamparan persawahan yang menghijau yang merupakan salah satu sektor andalan bagi pendapatan daerah Kabupaten Bantul.

Kondisi Pantai
Sama seperti kebanyakan pantai di laut selatan Pulau Jawa, Pantai Samas juga terkenal dengan angin dan ombaknya yang besar. Di pantai ini juga terdapat delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk sebuah telaga yang oleh sub Dinas Perikanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta digunakan untuk pengembangan perikanan (ikan air tawar, penyu, udang galah) dan lokasi pemancingan.

Pada waktu-waktu tertentu Pantai Samas juga digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah penyu langka seperti: penyu hijau, penyu sisik, penyu blimbing, dan penyu lekang. Oleh Forum Konservasi Penyu Bantul yang dibentuk atas prakarsa Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta, beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan, dan para nelayan Pantai Samas, telur-telur penyu tersebut diambil dan ditempatkan pada kolam pemeliharaan semi alami untuk ditetaskan. Setelah anak penyu berhasil menetas dan telah berumur sekitar 3 bulan, mereka akan dilepaskan ke laut yang penglepasannya dilakukan oleh murid-murid sekolah sebagai bagian dari pendidikan mengenal lingkungan sekitar.

Selain itu, daya tarik lain dari Pantai Samas yang cukup menjanjikan sebagai kawasan tujuan wisata adalah adanya upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut yang diadakan setiap satu tahun sekali oleh Keraton Kasultanan Yogyakarta untuk memperingati tanggal satu Suro.

Foto: http://visitingjogja.com
Sumber:
http://id.wikipedia.org
http://gudeg.net
hal
Dilihat: