Samsung SGH-i300


Samsung SGH-i300 bukan sembarang smartphone, mengapa demikian? Ini tidak lain SGH-i300 selain tampil dengan fitur multimedia lengkap juga didukung dengan kemampuan kapasitas memori dengan tingkatan Hard Disk hingga 3 GB. Smatrphone dengan sistem operasi Windows Mobile 5.0 ini pertama kali diperkenalkan dalam event CeBit 2005 bulan di Hannover – Jerman. Menurut keterangan dari PT. SEIN (Samsung Electronics Indonesia), nantinya yang akan ditawarkan ke pasar Indonesia adalah versi dengan kemampuan hard disk 4 GB. Dalam beberapa jurnal versi ini disebut juga dengan seri SGH-i300x.

DESAIN
Sebagaimana jenis smatrophone pada umumnya, SGH-i300 mengambil konsep candy bar klasik. Meski jika dilihat dari beberapa istrumen yang melengkapi bagian sisi nya mencerminkan kesan futuristik. SGH-i300 dioperasikan dengan metode input keypad biasa, dan tidak dibekali kemampuan touchscreen. Yang cukup menarik dari smartphone ini adalah kesan padat nya istrumen yang melengkapi setiap sisi, seperti phone/quick list key, lock key, camera key, slot kartu memori, infrared port, service light, headset jack, voice command key, Samsung Media player key dan volume key. Itu belum termasuk istrumen yang terdapat pada tampilan bagian front. Secara keseluruhan SGH-i300 memiliki ukuran 113x48x20 mm dan berat 130 gram.

BLACK and SILVER DOMINATED
Sebagaimana jenis ponsel Samsung pada umumnya, SGH-i300 di dominasi oleh paduan warna black dan silver yang kental. Pada front cover yang menutupi keypad dan frame layar warna hitam terlihat dominan. Namun untuk bagian sisi kanan dan kiri serta back cover warna silver cenderung lebih dominan. Menjadikan SGH-i300 memang sebiah smartphone dengan sentuhan maskulin yang elegan.

SCROLL DISK NAVIGATION KEY
Sebagai ponsel dengan dukungan banyak aplikasi sudah barang pasti kemudahan fungsi navigasi harus benar-benar prima. Apalagi SGH-i300 juga disebut sebagai ponsel musik yang handal. Untuk itu tombol navigasi selain bisa digerakkan lima arah, juga dapat dioperasikan dengan metode putar (scroll key). Ini mengingatkan pada jenis scroll key yang juga terdapat pada iPod. Fungsi scroll key selain untuk mengatur pergerakan antar menu, juga dipergunakan sebagai pengatur volume suara saat Anda mendengarkan melodi musik.

LAYAR
Smartphone ini mengadopsi teknologi layar TFT 262 ribu warna. Dibanding rival nya O2 Xphone IIm yang hanya mengadopsi teknologi layar TFT 65 ribu warna, jelas kedalaman layar SGH-i300 lebih ungggul. Kedalaman layar SGH-i300 baru setara dengan O2 Xda Atom yang juga TFT 262 ribu warna. Sedang ukuran layar SGH-i300 yakni 40x30 mm atau sekitar 1,97 inchi.

Home screen SGH-i300 mempunyai resolusi 240x320 pixels atau setara QVGA. Resolusi yang sama juga dipergunakan pada O2 Xda Atom. Dalam home screen ditampilkan berbagai informasi petunjuk penting seperti spesifikasi status ponsel, kondisi baterai, kemudian di sisi bawah layar ditampikan icon start untuk masuk ke deretan menu-menu pilihan khas windows mobile. Sedang di sisi kanan ditampilkan icon contact yaitu akses langsung ke list contact Anda.

SISTEM OPERASI
Sistem Operasi Samsung SGH-i300 mengadopsi keluaran terakhir dari Microsoft yaitu microsoft Windows Mobile 5.0. Meski di beberapa situs menjelaskan SGH-i300 masih mengadopsi windows mobile 2003. Ini menjadikan SGH-i300 setara dengan perangkat lain yang mempergunakan sistem operasi serupa seperti halnya 02 Xda Atom, serial Dopod 818 Pro/900 dan Dopod 838. Salah satu keunggulan sistem operasi terbaru ini adalah pada elemen tampilan, dimana beberapa icon seperti teks dapat diperbesar ataui diperkecil sesuai kebutuhan.
Prosesor
Penggerak smatrphone ini berasal dari prosesor Intel Xscale dengan kecepatan 416 Mhz. O2 Xda Atom juga memiliki kecepatan prosesor yang sama, meski O2 Xda mempergunakan jenis prosesor Intel PXA272.

MEMORI
Nah untuk urusan memori SGH-i300 memang jagonya, HDD (hard disk drive) nya seperti diketahui adalah 3 Gb, meski jumlah real nya yaitu 2871 Mb dengan kecepatan transfer sekitar 5Mb per detik. Jika rata-rata satu lagu Mp3 berkapasitas 5 Mb, maka Anda bisa menyimpan 600 lagu Mp3 khusus di dalam HDD.

HARD DISK
Walau sudah dibekali HDD, SGH-i300 masih pula memiliki memori RAM (random access memory) sebesar 64 Mb dan ROM (read only memory) sekitar 18,38 Mb. Jumlah memori di atas memang sangat besar, tapi kebutuhan setiap pengguna tentu berbeda-beda. Untuk itu SGH-i300 juga punya solusi dengan kelengkapan memori eksternal lewat kartu T-flash. Dalam jagad ponsel ber hard disk, nampaknya SGH-i300 memang kentara dipersiapkan oleh Samsung untuk menandingi kehadiran Nokia N91 yang kapasitas hard disk nya 4 Gb. Wujudnya seperti langkah meng upgrade SGH-i300 menjadi SGH-i300x.

KAMERA
Kemampuan resolusi kamera SGH-i300 adalah 1,3 megapixels dengan pilihan moda foto dan rekam video. Teknologi kamera nya menggunakan jenis CMOS (complimentary metal-oxide semiconductor) dengan fokus sudut tetap. Dengan fokus tetap maka SGH-i300 memiliki cermin untuk self portait, selain juga dilengkapi fasilitas flash light. Ukuran foto yang dapat di set yakni 1280x1024, 640x480, 320x240 dan 176x144 pixels. Beberapa efek bisa ditambahkan seperti sepia, black/white dan negatif. Agar hasil foto dapat dicitrakan lebih optimal tersedia pilihan white balance berdasar set up daylight, cloudy, tungsten dan fluorescent. Untuk pembesaran (zooming), lensa SGH-i300 bisa melakukan hingga 7x. Meski sudah 1,3 megapixels, namun kemampuan ini terbilang tertinggal jika dibanding kompetitor terberat nya seperti Nokia N91 dan O2 Xda Atom yang sudah mengusung kamera 2 megapixels.

MEDIA PLAYER
Ada dua jenis media player yang melengkapi smartphone ini yaitu Samsung media player dan windows media player 10. Fungsi kedua media player ini tidak jauh beda sebenarnya. Samsung media player menyediakan akses bagi Anda untuk menikmati beberapa file musik dan video. Pilihan format pada samsung media player adalah WMA, WMV, MP3, 3GPP, MPEG4, AAC dan AAC+. Hal serupa juga dapat dimainkan lewat windows media player. Namun Samsung memberi akses tersendiri untuk Samsung media player. Seperti di buatkan nya akses khusus key player pada sisi kanan badan smartphone. Dengan berbagai dukungan format melodi menjadikan SGH-i300 memang piawai dalam hal audio. Apalagi pada sisi atas kanan dan kiri body smartphone dilengkapi dual speaker strereo.

KONEKTIVITAS
alam hal konektivitas SGH-i300 menyiapkan dukungan infrared, bluetooth dan akses lewat kabel USB. Untuk infared port nya terletak pada bagian atas smartphone. Namun sedikit disayangkan kemampuan infrared ini hanya compatible dengan jenis infrared yang terdapat microsoft smartphone dan komputer dengan basis Windows 2000/XP. Ini tentu menjadi kendala tersendiri. Namun untuk bluetooth tidak ada masalah sama sekali, dan dalam pengujian bisa mendapatkan akses yang lancar ke berbagai perangkat ber bluetooth lainnya. Dalam paket jualnya smartphone ini sduah dilengkapi berbagai fasilitas transfer seperti PC link data kabel dan dukungan aneka software. Proses transfer data pun bisa Anda lakukan lewat desk top holder.

INTERNET
Saat menghidupkan SGH-i300 tertera logo MITS yang artinya device ini masuk dalam golongan mobile intelligent terminal. Namun begitu jalur internet yang digunakan masih hanya mengandalkan GPRS kelas 10. Dalam versi uji coba nya SGH-i300 belum dilengkapi setting GPRS untuk operator lokal. Selain GPRS untuk internet elemen yang mendukung juga ada WAP browser 2.0. Berkaitan dengan internet, beberapa fitur yang mendukung adalah MMS dan email client. Saat dilakukan uji coba akses internet dapat berjalan cukup baik, lancar seperti yang biasa terjadi pada akses di ponsel.

FUNGSI TELEPON
Dalam hal panggilan dan penerimaan cukup baik pada ponsel ini berkat dukungan triple voice code, HR, FR dan EFR (enhanced full rate). Beberapa kemudahan juga diberikan untuk fungsi telepon, diantaranya voice dialing, fast dialing dengan delapan nomor dan minute minder. Jika ingin mendengarkan komunikasi beramai-ramai SGH-i300 juga siap menyajikan fasilitas speaker phone.

BATERAI
SGH-i300 memang ponsel yang punya konsumsi energi cukup besar. Maklum saja layar nya saja TFT 262 ribu warna, masih pula ditambah beragam aplikasi multimedia. Untuk menyiasati nya SGH-i300 dibekali baterai standar Lithium Ion dengan kapasitas 1000 mAh. Dengan kapasitas tersebut waktu bicara yang dapat digunakan hingga 4 jam dan waktu siaga hingga 140 jam. Baterai ukuran standar sudah pasti sangat kurang jika ponsel dimainkan secara lama untuk musik. Untuk itu tersedia baterai extendedd Lithium ion dengan kapasitas 1700 mAh. Dengan kapasitas ekstra tersebut ponsel dapat bertahan dengan waktu siaga hingga 200 jam dan waktu bicara hingga 7 jam.

Kedua jenis baterai telah menjadi satu dalam paket penjualan. Untuk urusan baterai, persoalan dapat di minimalkan sebab dalam paket penjualan tersedia desk top holder yang bisa mengisi baterai lewat fasilitas USB.

KINERJA KONEKTIVITAS
Kemampuan konektivitas cukup bagus seperti hal nya bluetooth yang bisa dipergunakan mult fungsi untuk mendukung modem, transfer data dan stereo headset. Begitu pula infrared, hanya saja infrared hanya bisa dipergunakan secara terbatas. Sinkronisasi data cukup optimal dengan fasilitas microsoft Active Sync, seperti untuk melakukan back up nomer kontak, kalender dan inbox.

KINERJA ENTERTAINMENT
Sebagai smartphone yang padat fitur, tentu akan menjadi aneh bila SGH-i300 tidak dibekali fasilitas games. Dalam versi jual nya terdapat dua jenis games klasik yaitu Solitaire dan Jawbreaker. Selain itu rasanya semuanya sudah cukup komplet. Jika masih ada yang kurang anda bisa lakukan download softeware. Cuma satu yang disayangkan, SGH-i300 tidak dilengkapi aplikasi FM radio, seperti yang terdapat pada O2 Xda Atom. Padahal FM radio termasuk layanan yang cukup dicari.

hal
Dilihat: