Maxiao 500RR, “Panigale” Made In China


Soal jiplak menciplak, China memang jagonya. Hampir semua produk sukses di pasaran selalu saja ada tiruannya. Ducati Panigale V4 misalnya, motor asal Italia yang sukses terjual hingga puluhan ribu unit pada tahun 2023 ini ternyata juga dicloning desain luarnya oleh produsen sepeda motor China. Adapun nama pasarnya adalah Maxiao 500RR.

Konon, munculnya Maxiao 500RR bukan lantaran mereka tidak pinya ide, tetapi karena permintaan pasar Tiongkok yang menginginkan motor bertampang layaknya Ducati Panigale V4 namun dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, tak mau repot mendesain mereka langsung merespon dengan mencontek sebagian besar desain motor buatan pabrikan di Bologna tersebut.

Hasil contekan itu dapat dilihat mulai dari body depan hingga belakang, warna, kaki-kaki hingga tata letak merek dan jenis font pada sepeda motor. Body depan misalnya, memiliki headlamp sipit mengarah ke bawah yang identik dengan Panigale V4. Begitu juga dengan suspensi depan upside down, knalpot sedikit menyembul di bagian samping kanan fairing, buritan dengan sepasang lubang udara, lampu belakang ganda, velg multi spoke, ban belakang gemoy, hingga single swingarm hampir mirip Panigale V4.

Perbedaannya hanya terletak pada dapur pacu yang digunakan. Maxiao 500RR didukung mesin 4-tak paraller-twin 180 derajat berkapasitas 471cc DOHC berpendingin cairan buatan Loncin. Mesin ini dipercaya mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 47,6 PS pada 8.500 rpm serta torsi 43 Nm di 7.000 rpm. Konon, tenaganya mampu membuat motor melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari tujuh detik dengan kecepatan maksimal mencapai 160 km/jam.

Sebagai catatan, Maxiao 500RR juga dibekali fitur rem ABS dual-channel. Ukuran cakram depannya berdiameter 320 milimeter dan belakang 260 milimeter. Keduanya dibekali caliper besutan Brembo. Jadi, disamping untuk urusan pengereman Maxiao 500RR sebenarnya telah dibekali peralatan yang mumpuni. Sementara untuk mesinnya tentu kalah jauh dengan merek yang dicontek, namun cukup mengakomodir keinginan para pendamba Panigale V4 yang berkantong cekak. Bagaimana? Anda tertarik membelinya? (gufron)
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive