Asal Mula Kampung Cirewed

(Cerita Rakyat Daerah Tangerang, Banten)

Kampung Cirewed berada di Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Dinamakan demikian karena dahulu banyak orang bawel yang tinggal di daerah ini. Cirewed sendiri merupakan hasil nasalisasi dari kata cerewet yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai suka mencela (mengomel, mengata-ngatai), banyak mulut, nyinyir, dan bawel.

Konon, sebagian besar penduduk (terutama kaum perempuan) yang tinggal di sana mempunyai kebiasaan unik yaitu sering bergunjing dan kalau sedang berbicara sulit untuk dihentikan. Terlebih lagi bila sedang marah (baik pada suami, anak, maupun orang lain) mereka akan berbicara tanpa henti hingga arahnya menjadi melebar ke mana-mana. Kebiasaan para perempuan inilah yang kemudian dijadikan sebagai nama kampung tempat mereka tinggal.

Dahulu, Kampung Cirewed yang terletak di Jalan Raya Serang Km 13 Cikupa, merupakan secara administratif termasuk dalam Kelurahan Sukadamai. Namun, seiring bertambahnya jumlah penduduk, Kelurahan Sukadamai dimekarkan menjadi Kelurahan Bunder dan Kampung Cirewed menjadi bagiannya. (gufron)
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive