Pantai Nambo (Sulawesi Tenggara)

Wisata alam, khususnya wisata pantai di Provinsi Sulawesi Tenggara banyak sekali jumlahnya. Salah satu dari sekian banyak wisata alam tersebut adalah Pantai Nambo yang terletak di Kecamatan Abeli, sekitar 12 kilometer arah selatan Kota Kendari, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Untuk menuju lokasi Pantai Nambo, dapat melalui dua rute (menggunakan angkutan umum). Rute pertama, menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Kendari. Sedangkan, rute kedua menggunakan perahu tradisional ketinting atau kole-kole dari pelabuhan Kota Kendari menyusuri Teluk Kendari dengan waktu tempuh yang juga sekitar 15 menit.

Kondisi Pantai
Pantai Nambo adalah sebuah pantai landai dengan pasir yang berwarna putih sepanjang sekitar 200 meter. Di sepanjang pantai ini tidak terdapat onggokan batu karang besar, sehingga pengunjung dengan leluasa dapat melihat garis horizon panjang yang mempertemukan langit dan lautan, bermain sambil berlarian menyongsong datangnya air laut yang menghempas ke bibir pantai atau menyaksikan langsung aktivitas nelayan Sukubangsa Bajo yang bermukim tidak begitu jauh dari pantai.

Daya tarik lain yang melengkapi keindahan Pantai Nambo adalah adanya barisan pohon nyiur yang berdiri rapi di sepanjang bibir pantai. pohon-pohon ini juga biasa dijadikan sebagai tempat berlindung bagi para wisatawan di kala terik mentari menerpa pantai. Oleh penduduk setempat, buahnya yang masih muda juga sering diambil dan di jual kepada pengunjung untuk mengobati rasa dahaga.

Fasilitas Pantai Nambo
Fasilitas penunjang obyek wisata Pantai Nambo lengkap, seperti: areal parkir, dua unit kamar bilas mandi, 31 unit gazebo, sebuah villa, serta warung-warung penjual makanan dan minuman. Sebagai catatan, untuk dapat memasuki obyek wisata Pantai Nambo pihak pengelola mematok harga tiket masuk bagi pengunjung hanya sebesar Rp.2.000,00 untuk orang dewasa dan Rp.1.500,00 untuk anak-anak. (gufron)
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive