Ali Agrem

Ali Agrem merupakan istilah orang Sunda bagi sejenis kue berwarna coklat dan berbentuk menyerupai donat (bulat dan bagian tengahnya berlubang). Konon, penamaan kue ini berasal dari bentuknya yang menyerupai cincin yang dalam bahasa sunda disebut “ali”. Kue ali agrem hampir tersebar di seluruh pelosok jawa barat. Di wilayah lain di Indonesia, kue ini terkenal dengan nama kue cincin.

Ali agrem berbahan dasar tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa, gula merah, gula pasir, garam, dan air. Adapun proses pembuatannya diawali dengan menyangrai kelapa parut hingga berwarna kecoklatan. Selanjutnya, campur kelapa sangrai tadi bersama tepung beras, tepung ketan, dan garam dalam air mendidih lalu aduk hingga merata. Dan, setelah ulen adonan dibentuk menyerupai donat.

Bila telah matang (berwarna kecoklatan), langkah terakhir adalah mencelupkannya di lelehan gula (merah dan pasir) dan siap sajikan. Dalam setiap kue ali agrem memiliki kandungan kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive