Kecapi Jenaka

Kesenian Kecapi atau Kacapi Jenaka atau Jenaka Sunda ini diprakarsai oleh Dayat Hidayat atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Mang Dekok/Mang Ukok. Seniman yang lahir sekitar tahun 1931 di Ciwaru, Lebakwangi, Banjaran ini merupakan maestro kesenian kacapi. Kacapi jenaka lahir secara tidak sengaja dari pertemua Mang Dekok dengan seniman lain bernama Mang Utun atau Mang Udjo. Sekitar tahun 1960an mereka kemudian berkolaborasi membentuk sebuah kesenian baru yang dinamakan Kacapi Janaka. Adapun groupnya sendiri bernama Kacapi Jenaka Utun Ukok.

Sekitar tahun 1970an Kacapi Jenaka Utun Ukok menjadi pengiring Ros Rosita dalam acara Menglean (Kawih Istri). Lepas dari Ros Rosita mereka kemudian menelurkan dua buah album yaitu Jenjreng Jembret dan Tulung Balong. Album ketiga ini merupakan hasil kolaborasi dengan seorang seniman Sunda yang cukup berpengaruh yaitu Kang Ibing.

Setelah dua album tersebut beredar di pasaran, seni Kecapi Jenaka Sunda mulai dilirik masyarakat. Mang Ukok dan Mang Utun mulai kebanjiran “job” manggung pada ruang-ruang publik yang dihadiri banyak orang. Mereka menyajikan sebuah hiburan berupa lagu-lagu jenaka dan beluk sembari diiringi petikan waditra kacapi siter yang berirama bebas atau konstan. Di sela-sela lagu juga diisi banyolan-banyolan komunikatif yang mengundang tawa penonton.
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive