Telaga Waja (Karangasem, Bali)

Karangasem adalah sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini memiliki beberapa obyek wisata yang sangat menarik. Salah satu diantaranya adalah Telaga Waja. Telaga Waja adalah nama sebuah sungai yang mengalir di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Airnya tergolong jernih dan arusnya cukup deras sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk berolah raga arum jeram (rafting). Sebagai catatan, wisata arum jeram di daerah Bali dapat dilakukan di dua sungai besar yaitu di Sungai Ayung (Ubud) dan Telaga Waja (Karangasem). Perbedaan kedua sungai ini adalah pada tingkat kesulitan (grade) dalam berarum jeram. Dibandingkan dengan Sungai Ayung yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, maka Telaga Waja yang hanya memiliki grade 3 hingga 3+ sering dipergunakan sebagai alternatif bagi para pemula dalam berarum jeram. Sebagai catatan lagi, selain sebagai tempat untuk berarum jeram, di sepanjang aliran Telaga Waja juga menyajikan suatu pemandangan suasana pedesaan khas Bali, diantaranya adalah: terasiring persawahan yang berkelok indah, pesona hutan tropik yang masih alami, perbukitan beserta beberapa air terjun yang berundak, dan menyaksikan penduduk setempat melakukan aktivitasnya sehari-hari di sekitar sungai.

Di sepanjang lintasan aliran Sungai Telaga Waja banyak dijumpai batu-batu besar dan beberapa buah jembatan bambu yang dapat menjadi perintang yang cukup menyulitkan bagi para pengarum jeram. Untuk melewatinya sebuah regu dayung harus berhati-hati, sebab apabila tidak waspada dapat berakibat perahu terbalik atau ada anggota yang tercebur ke sungai. Namun, bagi wisatawan yang ingin berarum jeram tidak perlu merasa cemas, karena sebagian besar penyedia jasa layanan arum jeram di Bali telah melengkapi peralatannya mengikuti standar keselamatan internasional. Bahkan, disediakan juga jasa pemandu atau guide yang sudah profesional dan telah lulus dalam pelatihan keselamatan dalam CPR dan penanganan awal.

Untuk dapat berarum jeram di Telaga Waja, wisatawan dapat menggunakan jasa-jasa tour operator yang menawarkan harga antara Rp.300.000,00 hingga Rp.500.000,00 per orang. Harga ini sudah termasuk transfer hotel, makanan ringan (snacks), welcome drink, perlengkapan rafting, lunch, souvenir, asuransi, serta pemandu rafting yang profesional.

Foto: http://www.nieuwsvanbali.nl
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive