Pantai Baron


Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23 kilometer arah selatan Kota Wonosari. Pantai ini merupakan pantai pertama dari rangkaian kawasan pantai yang ada di Wonosari, seperti: Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak. Untuk mencapai lokasi pantai Baron, dari Kota Wonosari relatif mudah karena kondisi jalannya cukup baik namun berkelak-kelok. Walau jalannya berkelak-kelok dan turun-naik, tetapi menyajikan pemandangan alam yang indah berupa bukit-bukit kapur yang terkenal dengan sebutan Pegunungan Seribu.

Pantai Baron merupakan sebuah teluk yang diapit oleh bukit yang dipenuhi pohon kelapa. Di pantai ini terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang airnya cukup jernih dan sering digunakan oleh para wisatawan untuk mandi setelah bermain di laut. Pada sisi sebelah timur pantai Baron terdapat sebuah bukit kapur yang dapat dicapai melalui jalan setapak. Di bukit kapur itu terdapat sebuah gardu pandang yang dapat digunakan sebagai tempat untuk beristirahat sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Dan, bagi wisatawan yang ingin mencicipi masakan laut khas pantai Baron yaitu sop kakap, di pantai ini juga terdapat warung-warung yang menyediakan masakan ikan laut segar dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, daya tarik lain dari pantai Baron yang cukup menjanjikan sebagai kawasan tujuan wisata adalah adanya suatu upacara yang disebut Sedekah Laut. Sedekah Laut adalah suatu pesta adat yang diadakan setiap satu tahun sekali pada bulan Suro oleh nelayan setempat, sebagai ungkapan rasa sukur kepada Tuhan atas hasil laut yang melimpah.

Foto: http://img.photobucket.com/
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive