Soto Bongko

Soto adalah masakan sejenis sup terbuat dari kaldu daging (ayam, sapi) dan sayuran dengan kuah berwarna kekuningan. Soto umumnya disajikan bersama lontong atau nasi putih atau bahan lain bergantung pada komposisi masing-masing daerah. Oleh karena itu ia diberi nama sesuai dengan asal daerah, isi, atau penyajiannya, misal: Soto Madura, Soto Lamongan, Soto ayam, Soto Babat, dan lain sebagainya.

Di daerah Sumedang misalnya, disebut sebagai soto bongko. Bongko adalah sebutan untuk lontong yang dipotong-potong. Ia disajikan bersama taoge rebus dan potongan tahu dengan taburan kuah santan dan berwarna kuning.

Soto ini terbuat dari berbagai macam bahan dan bumbu, di antaranya: salam, serai, santan kelapa, daun jeruk, garam, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai merah keriting, pala bubuk, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, kecap, tauge, telur ayam, bawang goreng, dan tahu putih.

Adapun caranya diawali dengan membuat bongko dari beras dicampur garam lalu dibungkus daun pisang dan rebus hingga matang. Selanjutnya tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk, garam, dan gula hingga harum. Tumisan kemudian ditambah dengan santan dan dimasak hingga matang. Dan, bila telah masak tuangkan dalam mangkuk berisi potongan bongko, tahu, telur ayam, dan tauge. Agar lebih menarik, di atasnya dapat dibubuhi barang goreng, emping, dan jeruk nipis.
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive