Dodol Nanas

Nanas atau Ananas comosus adalah tumbuhan tropis yang termasuk dalam famili Bromeliaceae. Tumbuhan asli Amerika Selatan ini banyak dibudidakankan orang karena buahnya bernilai ekonomis. Buah nanas dapat dimakan langsung atau dibuat sedemikian rupa menjadi olahan makanan.

Salah satunya adalah olahan dodol nanas yang cukup populer di daerah Subang. Adapun bahan utama pembuatnya, selain nanas, adalah tepung ketan, gula pasir, gula merah, santan kelapa, vanila, dan garam. Sedangkan cara membuatnya diawali dengan mengupas dan mencucinya hingga bebas getah. Bila telah bersih nanas diparut atau diblender bersama dengan gula pasir, tepung ketan, gula merah, vanili, dan santan kelapa.

Selanjutnya adonan dididihkan hingga mengental dan tercampur merata. Kemudian baru dituang ke dalam loyang atau cetakan. Setelah dingin iris sesuai selera dan bungkus dengan kertas minyak atau plastik. Dodol nanas bertekstur masah namun rendah kandungan air siap disajikan sebagai teman minum teh di kala senggang. Rasanya yang manis-asam mengandung vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh per harinya.
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive