Sate Loso Khas Pemalang

Sate adalah makanan terbuat potongan daging yang ditusukkan dengan bambu atau kayu kecil kemudian dibakar. Agar lebih enak, sebelum disajikan sate juga dibumbui olahan kacang atau kecap.

Sate sebagai kuliner hampir ada di seluruh Indonesia. Bahannya dapat berupa ayam, kambing, sate, hingga kerbau. Nama dan cara pengolahannya pun bermacam-macam, bergantung dari daerah mana sate itu berasal.

Di Pemalang, misalnya, ada sate yang dinamakan Loso. Konon, kuliner berbahan daging kerbau atau sapi muda ini diciptakan oleh Pak Loso, empu sate dari daerah Weleri, Kendal, yang bermukim di Pemalang. Dan, dari resep peninggalan Pak Loso yang diwariskan secara turun temurun inilah sate loso kemudian berkembang dengan berbagai varian yang dijual di hampir setiap sudut Kota Pemalang.

Sate resep Pak Loso bertekstur empuk karena sebelum dibakar akan melalui proses pembaceman terlebih dahulu. Adapun bumbu-bumbu yang diperlukan, di antaranya: bawang merah (dihaluskan), bawang putih (dihaluskan), ketumbar (dihaluskan), serai (digeprek), lengkuas (digeprek), santan, gula merah, garam, dan saus kacang.

Bumbu-bumbu tadi dibacem dengan cara direbus hingga mendidih lalu dicampur dengan potongan daging sapi atau kerbau. Setelah meresap, potongan daging ditusuk dengan bambu atau kayu kecil dan dibakar di atas bara api hingga matang. Dan terakhir, sebelum disajikan ditambah dengan bumbu kacang.

Foto: https://www.inibaru.id/kulinary/mengenal-kuliner-khas-pemalang-sate-loso
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive