Air Terjun Grojogan Sewu (Karanganyar, Jawa Tengah)

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Obyek wisata alam ini berada pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan air laut dan mempunyai luas keseluruhan sekitar 20 ha. Nama Grojogan Sewu yang dalam bahasa Indonesianya berarti pancuran seribu bukan berarti air terjun yang jumlahnya seribu buah, melainkan hanya sebuah air terjun setinggi sekitar 80 meter yang pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang air terjun kecil. Namun, cabang-cabang air terjun itu apabila musim kemarau tidak dapat dinikmati karena tidak mengalirkan air.

Untuk dapat memasuki kawasan wisata air terjun Grojogan Sewu pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp.6.000,00 per orang. Lokasi penjualan tiket masuknya ada yang terletak di bagian atas air terjun dan ada yang di lereng bagian bawah. Apabila melewati pintu masuk yang berada di bagian atas, untuk menuju ke lokasi air terjun pengunjung harus menuruni anak tangga yang berjumlah ratusan buah. Oleh karena jumlah anak tangga yang harus dilalui cukup banyak, maka pihak penyelenggara menyediakan gazebo di beberapa titik untuk tempat beristirahat.

Sesampai di lokasi, pengunjung dapat menikmati indahnya air terjun, bermain air atau bahkan berenang. Apabila telah puas berada di sekitar air terjun, dapat pula menikmati indahnya panorama hutan wisata yang mengelilingi air terjun. Di hutan wisata ini selain dapat menyaksikan hamparan pepohonan yang menghijau, pengunjung juga dapat menyaksikan kawanan monyet yang hidup bebas di sekitar hutan.

Sebagai catatan, obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu juga menyediakan fasilitas-fasilitas khas tempat wisata, seperti mushola, MCK, kolam renang, shelter, warung makan, kios penjual cinderamata, dan lain sebagainya.

Foto: http://picasaweb.google.com
Sumber:
http://navigasi.net
http://kumpulan.info
http://www.central-java-tourism.com
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive