Boza, Minuman Tradisional Khas Turki

Boza adalah sejenis minuman tradisional yang telah turun-temurun dibuat oleh masyarakat Turki. Minuman berbahan rempah ini fungsi utamanya adalah sebagai penghangat tubuh. Boza juga berguna bagi perempuan hamil dan menyusui karena mengandung protein tinggi, karbohidrat, lemak, dan berbagai macam vitamin. Selain itu, efek probiotik yang dihasilkan dari ragi aktifnya juga dapat meningkatkan resistensi infeksi dan mengurai stres.

Boza berbentuk menyerupai puding berasa manis-asam dan beraroma tajam. Ia dibuat dari berbagai macam bahan, di antaranya adalah: jagung, gandum, gandum hitam, millet, malt, kayu manis, bulgur, ragi, dan nasi. Pembuatan boza memerlukan waktu relatif lama karena harus melalui proses fermentasi yang menghasilkan alkohol berkaadar sangat rendah.

Adapun prosesnya diawali dengan merebus bulgur dan nasi hingga seperti bubur. Setelah lembek disaring dan dijemur selama beberapa jam. Bila telah kering, campuran bulgur dan nasi tadi direbus lagi bersama ragi dan gula lalu didiamkan selama kurang lebih 20 jam. Gula akan ditambahkan lagi sebelum adonan disimpan di dalam lemari pendingin. Dan, apabila ingin disajikan akan ditaburi bubuk kayu manis dan buncis panggang sebagai penambah aroma dan rasa.

Foto: https://stock.adobe.com/nl/search?k=boza
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive