Makam Adipati Sakarembong

Makam Adipati Sakarembong berada di Jalan Bantar, Kelurahan Bantarsari, Kecamatan Bantarsari. Makam dengan luas area sekitar 500 meter persegi ini merupakan tempat bersemayam Adipati Sekarembong, salah seorang isteri dari Prabudilaya. Prabudilaya sendiri adalah tokoh legendaris penyebar agama Islam pada zaman Kebupatian Sukapura yang berasal dari keturunan Kerajaan Sumedang Larang.

Eyang Sekarembong sebenarnya bukanlah keturunan bangsawan Tasikmalaya. Beliau yang bernama asli Ratu Cempaka adalah putri dari Raja Kerajaan Mataram. Setelah menikah dengan Prabudilaya, Ratu Cempaka menetap di Tasikmalaya untuk menyebarkan ajaran Islam ke segenap penduduk di sana. Dan ketika meninggal dunia, lambat laut makamnya kemudian diziarahi sebagai bentuk penghormatan atas jasanya sebagai penyebar syariah Islam.

Selama menjadi tempat peziarahan, Makam Eyang Sekarembong dibiarkan begitu saja seperti apa adanya. Baru pada sekitar tahun 1975 ada usaha dari juru kunci untuk menjaga dan melestarikan tempat tersebut dengan mendirikan bangunan guna menutup makam. Selain itu, dibangun pula sebuah masjid dengan dana yang dikumpulkan dari hasil sumbangan para peziarah. Masjid ini tidak hanya difungsikan sebagai tempat menunaikan sholat, melainkan juga tempat istirahat bagi yang berasal dari luar kota. Di dekat masjid dan makam terdapat sebatang pohon beringin yang dibawahnya mengalir sebuah sumber mata air yang tidak pernah kering walau sedang musim kemarau.

Foto: https://www.radartasikmalaya.com/gunakan-sumbangan-peziarah-menata-makam-sakarembong/
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive