Alya Rohali

Alya Rohali merupakan salah seorang perempuan Betawi yang namanya malang melintang di jagad hiburan tanar air. Dia dikenal sebagai bintang film, iklan, dan sinetron Sekaligus pembawa acara televisi. Bersama Helmi Yahya, Alya sukses memandu acara secara live kuis "Siapa Berani?" yang pernah tayang setiap pagi di stasiun televisi Indosiar (jakarta.go.id).

Putri dari pasangan Rohali Sani dan Atit Tresnawati ini lahir di Jakarta pada tanggal 1 Desember 1976 (wowkeren.com). Dia mengawali karir melalui kontes kecantikan sebagai none Jakarta Barat tahun 1994. Kemudian mengikuti kontes None Jakarta 1994 dan terpilih sebagai juara Harapan I. Dua tahun berselang dia ikut kontes Puteri Indonesia 1996 dan dinobatkan sebagai pemenang. Konsekuensinya, dia menjadi wakil Indonesia pada ajang Miss Universe 1996 yang diselenggarakan di Amerika Serikat (kapanlagi.com).

Menurut kapanlagi.com, setelah tugas sebagai Puteri Indonesia usai, Alya mencoba peruntungan di dunia hiburan Indonesia. Dia mendapat tawaran untuk bermain dalam beberapa sinema elektronik. Selain itu, bersama Helmi Yaya dia juga didaulat memandu acara kuis "Siapa Berani?" yang ditayangkan Indosiar. Di acara inilah namanya mulai melejit dan sempat mendapat penghargaan sebagai Presenter Kuis Terfavorit dalam Panasonic Award 2002 (wowkeren.com).

Beberapa tahun sebelumnya, tepatnya tanggal 4 Maret 1999 Alya melepas masa lajang dan menikah dengan Eri Surya Kelana. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak perempuan bernama Namira Andjani Ramadina yang lahir pada bulan Desember 1999. Namun, pernikahan itu tidak berlangsung lama. Mereka resmi bercerai pada 13 Agustus 2003 (id.wikipedia.org).

Keretakan hubungan rumah tangga tidak mempengaruhi pekerjaan Alya dalam dunia entertainment. Hal ini terbukti dengan adanya tawaran membawakan membawakan program religi "Catatan Sergap" dalam Hikmah Fajar di stasiun televisi RCTI. Bahkan, dia juga sempat bermain dalam sitkom Kejar Kusnadi yang ditayangkan di RCTI tahun 2005 (id.wikipedia.org).

Beberapa tahun setelah menjanda, Alya kembali menambatkan hati pada seorang pengusaha asal Madura bernama Faiz Ramzy Rachbini. Mereka menikah pada 23 Juli 2006 (kapanlagi.com). Hampir satu tahun kemudian, tepatnya tanggal 29 Agustus 2007 buah perkawinan mereka melahirkan seorang anak melalui proses caesar di RS Pondok Indah. Ia dinamai Diarra Annisa Rachbini. Selanjutnya, anak ketiga pun menyusul pada 10 Oktober 2010 berjenis kelamin perempuan dan diberi nama Savannah Nadja Rachbini (jakarta.go.id).

Selepas menikah untuk yang kedua kali, kesibukan Alya semakin bertambah. Menurut jakarta.go.id, tahun 2006 dia mulai merambah dunia musik dengan memproduseri album berjudul Alika, sebuah album yang dinyanyikan oleh keponakannya sendiri bernama Alika. Album Alika terdiri dari 12 buah lagu berbuansa musik R&B, salah satu di antaranya berbahasa Inggris.

Sebagai catatan, selama meniti karir di dunia hiburan Alya telah memerankan berbagai macam karakter dalam sinetron dan film. Adapun judulnya antara lain: Meniti Cinta, Istri Impian, Kejar Kusnadi, Buah Hati Mama, Jalan Lain ke Sana, Emak, Dunia Tanpa Koma, Andini, Malin Kundang, Suami Istri dan Dia, Serpihan Mutiara Retak, Moga Bunda Disayang Allah, dan Di Balik 98. Sedangkan tayangan komersial (iklan) yang pernah dibintangi, di antaranya: Sunsilk, Neril, Oxone, dan Sajiku (profilseleb.blogspot.co.id). Khusus untuk film berjudul Di Balik 98, Alya mendapat nominasi dalam kategori pemeran pendukung wanita terbaik dari Indonesia Box Office Movie Awward 2016 (id.wikipedia.org).

Segala aktivitas dalam berakting tersebut ternyata tidak mengurungkan niat Ayla melanjutkan pendidikan formalnya. Setelah memperoleh gelar Sajana Hukum dari Universitas Trisakti misalnya, Alya mengambil program S2 Magister Hukum dan S2 Magister Kenotariatan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Ilmu-ilmu tersebut merupakan bekal untuk mencari nafkah sebagai notaris.

Foto: http://www.tribunnews.com/seleb/2015/01/10/cara-alya-rohali-rawat-rambutnya-saat-berhijab
Sumber:
"Alya Rohali" diakses dari http://www.jakarta.go.id/v2/dbbetawi/detail/74/Alya-Rohali, tanggal 7 Agustus 2017.

"Alya Rohali" diakses dari https://www.kapanlagi.com/alya-rohali/profil/, tanggal 7 Agustus 2017.

"Alya Rohali" diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Alya_Rohali, tanggal 8 Agustus 2017.

"Profil Alya Rohali", diakses dari http://www.wowkeren.com/seleb/alya_rohali/bio.html, tanggal 8 Agustus 2017.

"Alya Rohali Profil", diakses dari http://profilseleb.blogspot.co.id/2009/02/alya-rohali-profil.html, tanggal 9 Agustus 2017.
Dilihat: