Wisata Alam Kubu Perahu

Wisata alam Kubu Perahu terletak diantara Kota Liwa dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, tepatnya di Desa Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, sekitar 7 kilometer dari Kota Liwa. Letaknya yang cukup strategis tersebut membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mereka umumnya datang untuk berpetualang, melakukan penelitian, atau hanya sekadar berlibur dan mengisi waktu luang disela-sela rutinitas keseharian.

Kondisi Kubu Perahu
Kubu Perahu menyajikan sebuah wisata alam yang relatif masih alami karena termasuk dalam area Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang dilindungi kelestariannya oleh Pemerintah. Di tempat ini terdapat 3 buah air terjun, yaitu air terjun Sepapah Kiri setinggi 20 meter, air terjun Sepapah Kanan setinggi 60 meter, dan air terjun Way Asah yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter.

Untuk sampai ke lokasi ketiga air terjun tersebut pengunjung akan dikenai tiket masuk yang besarnya bergantung pada “status kewarganegaraannya”. Misalnya, bagi pengunjung asal Indonesia (lokal) akan dikenakan tarif sebesar Rp.1.500, sedangkan bagi wisatawan mancanegara sebesar Rp.15.000. Perbedaan tarif antara wisatawan lokal dengan asing itu mungkin dengan pertimbangan karena tingkat pendapatan perkapita orang asing dianggap lebih tinggi ketimbang pendapat penduduk Indonesia pada umumnya.

Setelah membayar di pintu masuk Kubu Perahu, pengunjung tidak lantas sampai ke lokasi air terjun, melainkan harus berjalan kaki lagi selama sekitar 4 jam menyusuri jalan setapak di daerah perbukitan yang dikelilingi oleh hutan. Di sepanjang perjalanan pengunjung akan ditemani oleh seorang instruktur (guide) berpengalaman yang dapat menjelaskan segala macam seluk-beluk yang berkaitan dengan Kubu Perahu, khususnya tentang flora dan fauna.

Sebagai catatan, di area wisata Kubu Perahu terdapat berbagai macam satwa liar yang beberapa diantaranya dilindungi, seperti: menjangan, beruk, kera ekor panjang, gajah sumatera, burung rangkong, sesep madu, elang, dan lain sebagainya. Selain itu, wilayah ini juga termasuk dalam ekosistem hutan hujan pegunungan sehingga banyak dijumpai jenis-jenis pohon langka berukuran raksasa yang telah berumur ratusan tahun dan sekitar 60 jenis anggrek liar.

Fasilitas Wisata Alam Kubu Perahu
Fasilitas penunjang obyek wisata Kubu Perahu tergolong lengkap. Misalnya, bagi pengunjung yang ingin menyusuri hutan, dapat menggunakan jungle track yang telah dibuat oleh pengelola. Sementara, bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia juga fasilitas menginap berupa pondok kerja, Pusat Bumi Perkemahan (Buper), dan shelter (tempat istirahat) yang dilengkapi dengan MCK. (ali gufron)

Foto: http://nusapedia.com/Demak/ID/place/371/wisata-alam-kubu-perahu-tempat-seru-berpetualang-alam
Sumber:
Lampung Post, Minggu, 29 November 2009
http://www.wisatanesia.com/2010/08/wisata-alam-kubu-perahu.html
http://lampungbarat.go.id/remository/dokumen_ekspos/profil_pejabat_lampung_barat/index.php?option=com_content&task=view&id=1054
hal
Dilihat: