Tahu Gimbal


Tahu gimbal merupakan kuliner khas Kota Semarang berupa olahan tahu dan gimbal. Gimbal sendiri bukanlah sejenis model rambut, melainkan olahan udang diberi tepung yang mirip seperti bahwan udang. Dalam penyajiannya, tahu gimbal juga diberi rajangan kol, taoge, telur, lontong, bawang goreng, dan siraman bumbu kacang.

Adapun bahan pembuat lainnya di antaranya: cabai rawit, bawang putih, cuka, petis udang, seledri, bawang merah, kecap, tepung beras, ketumbar, jintan, kencur, kemiri, minyak kelapa, dan garam. Sedangkan cara membuatnya (untuk gimbal) diawali dengan menumbuk bawang putih, ketumbar, jintan, kencur, kemiri, dan garam. Bila telah halus hasil tumbukan dicampur tepung, air, dan udang lalu digoreng hingga kering. Sementara untuk kuahnya, bawang putih, cabai, dan kacang diulek lalu tambah dengan cuka serta kecap. Dan, bila kuah telah tercampur merata disiramkan pada tahu gimbal, irisan kol, taoge, telur, serta lontong yang telah ditaruh dalam piring lalu ditabur irisan seledri serta bawang goreng.

Sebagai catatan, di Kota Semarang makanan ini diperkirakan sudah ada sejak jaman penjajahan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila hampir di setiap sudut kota dapat ditemui penjual tahu gimbal dari mulai pedagang kaki lima hingga warung-warung khusus dengan cita rasa unik.
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive