Katuk

Katuk atau Sauropus androginus termasuk dalam tumbuhan perdu dengan tinggi antara 1-2 meter. Batangnya tegak bercabang jarang, berwarna hijau ketika masih muda dan setelah tua menjadi kelabu keputihan. Bunga katuk berkelopak keras berwarna putih kemerahan. Buahnya bulat kecil berwarna putih yang di dalamnya terdapat biji beruang empat. Tumbuhan yang dapat hidup dari dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut ini banyak mengandung bahan-bahan berkhasiat bagi tubuh, yaitu: protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan vitamin (A, B, C), eter, alifatik, monometil suksinat, asam benzoat, asam 2-fenilmalonat, terbutol, 2-propagiloksan, asam palmitat, efedrin, metil piroglutamat, dan eikosanoid.

Dalam dunia pengobatan tradisional di beberapa daerah Nusantara, pohon katuk (terutama bagian daunnya) banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa cara pengolahan daun katuk dalam mengobati suatu penyakit.

1. Sembelit
Rebus sejumlah daun katuk selama sekitar sepuluh menit lalu saring. Air rebusan diminum dua kali sedengan dosis sekitar 100 ml untuk sekali minum.

2. Sulit buang air kecil
Cuci bersih daun katuk lalu rebus dan airnya diminum secara teratur pada pagi dan sore hari.

3. Memperlancar asi
Daun katuk dapat digunakan untuk memperbanyak serta memperlancar keluarnya air susu. Adapun caranya adalah dengan mengkonsumsi daun katuk setiap hari, baik sebagai sayur maupun lalapan atau menumbuknya bersama dengan pegagan, rimpang temulawak, dan rimpang kunyit sambil beri air matang sedikit demi sedikit sebanyak satu gelas. Aduk terlebih dahulu saat hendak diminum dan bila perlu tambahkan sedikit madu atau gula aren dan perasan jeruk nipis. Dosisnya satu kali sehari hingga asi lancar.

4. Borok
Cuci bersih daun katuk lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang terkena borok.

5. Bisul
Sama seperti mengobati borok, pengobatan bisul juga cukup dengan mencuci dan menumbuk daun katuk hingga halus lalu tempelkan bagian yang terkena bisul

6. Menghilangkan bekas jerawat
Beberapa lembar daun katuk muda ditumbuk hingga halus dan oleskan pada bagian flek bekas jerawat. Lakukan setiap pagi dan malam hari hingga flek hitam memudar atau hilang.

Foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Sauropus_androgynus
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive