Macan, Kerbau, dan Petani

(Cerita Rakyat Daerah Tangerang, Banten)

Alkisah, ada dua ekor binatang sedang berdialog di pinggir hutan yang berbatasan langsung dengan lahan pertanian tanah kering milik warga. Mereka adalah kerbau dan macan yang sedang memperbincangkan perihal manusia.

“Eh Kebo, badan lu gede tapi kok takut ama manusia?” tanya Macan.

“Iya lah. Manusia tu banyak akalnya,” jawab Kerbau singkat.

“Emang lu berani ma manusia?” Kerbau balik bertanya.

“Berani. Emangnya lu penakut. Dicucuk hidung aja kagak ngelawan malah nurut,” jawab Macan ketus.

“Kan tadi gua udah bilang, manusia tu banyak akalnya. Kagak mungkin gua bisa ngelawan. Jadi ya…nurut aja biar aman. Dah gitu gua dikasih makan kenyang lagi,” jawab Kerbau panjang lebar.

“Eh, Macan. Kalo elu beneran berani berantem gih ama manusia,” tantang Kerbau.

“Ayo kita cari manusia. Bakal gua ajak berantem kalo ketemu,” jawab Macam panas.

Sejurus kemudian Macan dan Kerbau pun berjalan keluar hutan menuju areal peladangan. Di sana mereka bertemu dengan seorang laki-laki muda bertubuh kekar yang sedang menyiangi tanaman ladang.

Tanpa basa-basi lagi Macan mendatangi Sang Petani dan langsung menggertaknya, “He Manusia, lu berani ama gua?”

Walau kaget ada yang tiba-tiba menggertaknya, Si Petani tak gentar menjawab singkat, “Berani.”

“Kalo gitu ayo kita berantem,” jawab Macan sambil memposisikan tubuh hendak menyerang.

“Bentar tunggu dulu,” jawab Si Petani. “Elu punya cakar gua kagak. Gua ambil perkakas dulu biar seimbang,” lanjutnya.

“Gih ambil sono,” jawab Macan tidak sabar.

“Kalo gua pulang nanti lu kabur lagi?” tanya Si Petani bersiasat.

“Ya kagak. Kalo kabur tandanya gua takut ama lu,” jawab Macam kesal.

“Ya udah. Biar kagak kabur, gimana kalo lu gua iket dulu di pohon gede tu?” tanya Si Petani bersiasat.

“Boleh,” jawab Macan sambil mendekatkan lehernya pada Si Petani untuk diikatkan pada sebatang pohon besar.

Singkat cerita, usai diikat sangat kuat Si Petani mengambil perkakas berupa sebatang kayu besar lalu memukulkannya berkali-kali hingga Macan tak berdaya. Macan akhirnya sadar bahwa perkataan kerbau benar adanya. Walau berukuran relatif kecil dan tampak tak berdaya manusia ternyata dibekali akal guna mengatasi keterbatasan fisiknya.

 Diceritakan kembali oleh ali gufron 

Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive