Kampung Wayang Urban

Kampung Wayang Urban merupakan nama lain dari RW 08 di Jalan Pangaran, Kelurahan Cikawao. Rukun Warga ini dijadikan sebagai kampung wayang urban oleh Kecamatan Lengkong karena sejak tahun 1964 ada salah seorang warganya (Ruhiyat) yang bekerja sebagai perajin wayang golek. Keahlian membuat wayang tersebut kemudian diturunkan kepada salah seorang anak bernama Tatang yang hingga kini masih eksis dengan berbagai macam pembaruan bentuk wayang kreasinya.

Selain itu, Tatang juga “menularkan” keahliannya pada anak-anak di sekitar Jalan Pangaran dengan tujuan untuk mengenalkan serta membangkitkan rasa cinta mereka terhadap wayang serta sejarahnya. Konsepnya bukan hanya memperkenalkan wayang klasik melainkan juga kontemporer. Jadi, apabila sore hari sepulang sekolah banyak anak yang mencoba membuat dan mewarnai wayang dalam berbagai macam bentuk yang dipadupadankan dengan beberapa tokoh superhero dari luar negeri.

Dan, agar menarik minat wisatawan, belakangan Kampung Wayang Urban juga mengembangkan kerajinan lain seperti topeng, lampu hias, dan barang souvernir lainnya yang diproduksi oleh para ibu Majelis Taklim Kelurahan Cikawao dan Turangga. Berbagai macam cinderamata tersebut tidak hanya dipasarkan di dalam kampung, tetapi juga ke hotel-hotel di sekitaran wilayah Kota Bandung.

Foto: http://jabarekspres.com/2018/wayang-urban-jadi-unggulan-lengkong/
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive