Jawer Kotok

Jawer kotok atau coleus hybridus merupakan tumbuhan semak yang dapat tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan air laut. Tumbuhan ini tingginya antara 30-150 centimeter dengan batang berbentuk segi empat, daun berbentuk hati yang bagian tepinya berlekuk tipis, dan untaian bunganya bersusun tiap pucuk tangkai. Jawer kotok adalah tumbuhan liar yang biasa ditemukan di tepian sungai, pematang sawah, atau sepanjang jalan.

Bagi sebagian masyarakat di daerah pedesaan Indonesia, jawer kotok merupakan tumbuhan yang berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah pengolahan secara tradisional jawer kotok dalam mengobati suatu penyakit.

Kencing manis1
Batang, daun, bunga, dan akar jawer kotok direbus dengan satu liter air hingga mendidih. Air rebusannya diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Ambeien2
Daun jawer kotok direbus dengan lima liter air hingga mendidih. Air rebusannya diminum sejumlah satu gelas setiap malam hari.

Bisul3
Oleskan daun jawer kotok dengan minyak lentik (kelapa) lalu panggang. Setelah hangat tempelkan pada bisul.

Borok4
Tumbuk halus daun jawer kotok lalu tempelkan pada bagian yang terkena borok

Sakit Perut5
Rebus akar jawer kotok dengan air hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusannya diminum pada pagi dan sore hari

Terlambat datang bulan6
Beberapa lembar daun jawer kotok direbus hingga mendidih. Setelah dingin minum sebanyak satu gelas sehari sampai haid datang.

Foto: https://www.imgrumweb.com/hashtag/daunjawer

1. Ciri-ciri penyakit kencing manis di antaranya: mudah lelah, penurunan berat badan, sering haus, warna kulit menjadi gelap, pengelihatan melemah, selalu lapar, dan apabila luka akan lama sembuhnya.
2. Ambeien ditandai dengan timbulnya rasa nyeri disekitar anus saat BAB, mengeluarkan darah saat BAB, muncul benjolan di sekitar anus.
3. Bisul merupakan infeksi lokal pada kulit dalam sehingga menimbulkan benjolan berisi nanah.
4. Borok dicirikan dengan adanya luka terbuka pada kulit, mata atau membran mukosa yang disebabkan oleh peradangan, infeksi, kanker, hipertensi, dan lain sebagainya.
5. Sakit Perut ditandai dengan rasa mual atau nyeri di bagian perut.
6. Terlambat datang bulan diakibatkan karena siklus datang bulan tidak sesuai jadwal.
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive