Balok Menes, Olahan Singkong Khas Banten

Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidat. Bagian umbinya berwana putih kekuningan rata-rata bergaris tengah 2-3 centimeter dengan pantang sekitar 40-80 centimeter. Tanaman dengan nama latin manihot esculenta ini pertama kali dikembangkan di wilayah Amerika Selatan sekitar 10 ribu tahun lalu. Di Indonesia sendiri singkong mulai ditanam secara komersial pada masa kolonial sekitar tahun 1810. Namun, baru pada permulaan abad ke-20 dibudidayakan secara luas karena konsumsinya meningkat. Singkong pun menjadi sumber pangan utama setelah padi-padian dan jagung.

Singkong diolah dengan berbagai macam cara dan digunakan pada berbagai macam masakan. Di daerah Pandeglang, Banten, misalnya singkong diolah sedemikian rupa menjadi penganan yang dinamakan balok menes. Nama balok mungkin diberikan karena penganan ini berbentuk menyerupai balok (kayu kubus panjang), sedangkan menes diambil dari nama daerah tempat kue basah ini pertama dibuat, salah satu kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Balok menes juga biasa disebut sebagai gegetuk cioda untuk membedakannya dengan getuk yang berwarna cokelat campuran gula merah.

Balok menes berwarna putih dengan tekstur lembut bila disentuh dan kenyal bila telah berada di dalam mulut. Kenikmatan kue balok ini lebih terasa ketika bagian atasnya dibubuhi bawang goreng yang dicampur minyak kepala serta taburan serundeng yang berada di antara balok yang dilipat. Adapun bahan-bahan lengkapnya adalah: singkong, kelapa parut, bawang merah, minyak sayur, gula pasir, dan garam. Sedangkan cara membuatnya diawali dengan mengupas singkong dan cuci bersih kemudian kukus hingga matang. Singkong yang telah matang kemudian ditumbuk atau digiling hingga halus, diberi garam secukupnya, lalu dibentuk menjadi lapis-lapis menyerupai balok atau sesuai keinginan.

Tahap selanjutnya adalah mengiris tipis bawang merah lalu goreng hingga matang kecoklatan dan tuang ke dalam wadah yang telah berisi minyak. Kemudian membuat bahan serundeng berupa sangraian parutan kelapa yang diberi gula putih, garam, serta rempah-rempah (lada, pala, cengkeh, ketumbar, kayu manis, kapulaga, dan lain sebagainya). Sebelum balok menes disajikan, kedua bahan tadi ditabur di atas atau di dalam lapisan balok singkong.

Foto: https://cookpad.com/id/resep/1862629-kue-balok-postingrame2_jajanantradisional
Dilihat: