Tomat

Ciri Fisik dan Kandungan Senyawa
Tomat atau Lycopersicum esculentum mill adalah buah khas benua Amerika yang terdiri dari berbagai bentuk dan dimensi. Tomat tergolong buah karena merupakan bagian tanaman yang bisa dimakan yang mengandung biji atau benih, sementara sayuran adalah bagian daun akar dan batang tanaman yang bisa dimakan (Kailaku, dkk., 2007).

Dalam buah tomat banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti: solanin, saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid, likopen, ß-karoten protein, lemak, vitamin, mineral, dan histamin. Febriansah, dkk., (tt) menyatakan bahwa likopen merupakan senyawa paling banyak yang dapat mencapai 3-5 mg dalam setiap 100 gram tomat. Senyawa ini dapat mengobati diare, memulihkan fungsi liver, gangguan pencernaan, serangan empedu, menghambat pertumbuhan kanker (endometrial, prostat, payudara, ovarium, serviks, paru-paru), osteoporosis, dan lain sebagainya.

Khasiat
Lepas dari banyaknya jumlah senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tersebut, sejak dahulu kala tomat sebenarnya telah digunakan sebagai bahan pengobatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa cara pengolahan tomat untuk mengobati suatu penyakit.

1. Barusuh
Barusuh dapat diobati dengan memakan buah tomat segar yang telah dicuci bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri.

2. Flek hitam bekas jerawat
Tomat diiris tipis lalu gosokkan pada wajah dan biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat agar tidak lengket di wajah.

3. Mengecilkan pori-pori kulit wajah
Tumbuk atau giling tomat hingga lembut lalu campurkan beberapa tetes air jeruk dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin agar pori-pori mengecil dan kotoran tidak mudah masuk.

4. Gusi berdarah
Memakan buah tomat segar yang telah dicuci bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri sejumlah 1 buah sehari hingga sembuh.

5. Keseleo
Buah tomat ditumbuk halus dan campur dengan minyak wijen lalu dipanaskan hingga tinggal menyaknya saja. Ramuan ini dapat dipakai sebagai minyak untuk memijat sendi-sendi yang keseleo.

6. Bisul
Panaskan daging dan biji tomat lalu diletakkan di atas bisul. Tujuannya agar bisul cepat pecah.

7. Menghilangkan komedo
Tumbuk satu buah tomat bersama dengan alpukat lalu oleskan pada wajah yang berkomedo selama beberapa menit. Setelah kering, bilas dengan air bersih hangat agar tidak lengket. (Ali Gufron)

Foto: http://ragammanfaat.com/manfaat-buah-tomat-untuk-kulit-wajah-dan-kesehatan/
Sumber:
Kailaku, Sari Intan, dkk,. "Potensi Likopen dalam Tomat untuk Kesehatan" dalam Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian Vol. 3 2007. Hlm. 50-58.

Febriansah, Rifki, dkk,. tt. "Tomat (Solanum lycopersicum L.) sebagai Agen Kemopreventif Potensial", diakses dari http://www.ccrc.farmasi.ugm.ac.id/wp-content/uploads/rifki_tomat-paper.pdf, tanggal 29 Juli 2014, pukul 15.28 WIB.
hal
Dilihat: