Air Terjun Tembulun Rusa

Air Terjun Tembulun Rusa terletak di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kebupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Obyek wisata nan eksotis ini dapat dicapai menggunakan angkutan umum maupun pribadi dengan mudah karena hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Dabo Singkep. Adapun arah jalannya melewati jalur Lintas Timur Sumatera menuju ke Desa Batu Ampar. Dari Batu Ampar perjalanan dilanjukan dengan menelusuri jalan setapak yang berbukit-bukit sejauh sekitar dua kilometer ke arah utara.

Sesampai di lokasi pengunjung dalam melihat indahnya Air Terjun Tembulun Rusa yang ketinggiannya mencapai 18 meter dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Sementara pada bagian bawahnya terdapat sebuah kolam untuk menampung curahan air terjun dengan kedalaman mencapai 1,5 meter sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang atau bahkan menyelam sembari menikmati sensasi terpaan air dari ketinggian. Selain itu, terdapat juga bebatuan berbentuk menyerupai tangga yang akan memudahkan pengunjung mendekati bagian atas air terjun untuk selanjutnya melompat ke dalam kolam yang airnya berasal dari Sungai Ngibul dan bermuara di Sungai Reteh ini.

Namun, bagi pengunjung yang masih kurang puas dengan indahnya Air Terjun Tembulun Rusa, di Kecamatan Kemuning masih terdapat beberapa obyek wisata lain, yaitu: Goa Batu Leman, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, arung jeram di Sungai Ngibul, Wisata Bukit Berbunga yang cocok untuk kegiatan petualangan (adventure) dan crosscountry, Air Terjun Sekensen Salak, Air Terjun Batu Ampar, dan Air Terjun 86 karena terletak di jalur Lintas Timur Sumatera kilometer 86 dan dapat dicapai menggunakan sepeda motor atau kendaraan off road melalui perjalanan sejauh 14 kilometer melewati jalan tanah.

Foto: inhil.go.id
Sumber:
http://www.indonesia.travel/arsip_id/tamasya/index.php?ask=next&kd=8825418149056&kat=385929843
http://www.potretnews.com/daerah_teks.php?idberitateks=5097
hal
Dilihat: