Saung Ende Serang

Di Kota Serang, tepatnya di Dusun Jakung, Kecamatan Taktakan, ada sebuah tempat wisata kuliner berbalut rekreasi bernuansa alam. Namanya adalah Saun Ende, sebuah tempat yang mengusung konsep one stop entertainment di atas lahan seluas dua hektar. Konsep itu adalah restoran yang digabungkan dengan wisata alam.

Untuk mencapai lokasinya relatif mudah. Apabila menggunakan kendaraan pribadi (dari luar Kota Serang) setelah keluar dari gerbang Tol Serang Barat-Kramatwatu menuju arah kota Serang lalu berbelok kanan ke arah Jalan Letnan Jidun dan berbelok kanan lagi ke arah Jalan Raya Taktakan hingga menemui plang bertulisakan Saung Ende. Plang tadi mengarahkan ke lokasi saung berada.

Setiba di lokasi akan ada parkiran luas yang dapat menampung sejumlah kendaraan roda dua dan empat. Agak ke dalam dari area parkir terdapat sebuah loket pembelian tiket masuk bagi pengunjung. Di bagian depan loket (bagian atas) terpampang harga tiket masuk, sementara bagian sampingnya terpampang aturan main bagi pengunjung yang ingin memasuki Saung Ende.

Melewati tiket ada gapura sebagai pintu gerbang gerbang saung berwarna kayu cokelat setinggi 2,5 meter beratap daun kelapa. Lepas dari gapura ada sebuah café yang menawarkan makanan dan minuman dengan potongan harga bila ditukarkan dengan tiket masuk. Café ini menyediakan meja dan bangku di sisi sungai berbatu yang lokasinya lumayan instagramable.

Namun apabila hendak mencari makanan berat, di sisi café ada sebuah jembatan melengkung yang membentang sepanjang sekitar enam meter menuju saung-saung berukuran kecil dan gazebo yang berfungsi sebagai area makan pengunjung.

Di bagian tengah saung-saung tersebut ada sebuah taman berisi ayunan, meja-meja santai, beberapa buah kolam ikan, dan sebuah sepeda onthel. Sementara di sekelilingnya ditanami berbagai macam pepohonan rindang yang membuat suasana saung menjadi lebih sejuk dan terlindungi dari terpaan sinar matahari. Selain itu, ada pula sungai berbatu di sepanjang sisi luar yang membuat area Saung Ende kental dengan nuansa alam.

Sementara untuk makanan dan minumannya sendiri berada di sebuah saung besar di depan taman. Saing ini menyediakan berbagai makanan seperti otak-otak, nasi goreng, pecak bandeng, pecak ayam, sayur asem, ayam goreng, jengkol goreng balado, sosis goreng, indomie, bakso, mie ayam, bihun, dan lain sebagainya dengan harga bervariasi namun relatif terjangkau.

Bagaimana? Anda tertarik bersantap siang sembari menikmati pemandangan alam yang asri di Saung Ende? Apabila tertarik, Saung ini beroperasi setiap hari dengan rincian, Senin hingga Kamis pukul 08.00-17 WIB dan Jumat hingga Minggu pulul 08.00-21.00 WIB.
Foto: ali gufron
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive