Layangan Gapangan

Gapangan adalah salah satu jenis layangan (layang-layang) tradisional berbentuk segi empat, segitiga, atau bervariasi bergantung kreativitas pembuatnya. Sedangkan bahan yang digunakan adalah kayu atau bambu sebagai kerangka dan kertas atau plastik tipis atau kain sebagai kulitnya.

Adapun cara membuatnya diawali dengan memotong bambu menjadi beberapa bagian dengan panjang antara 60-100 centimeter (bergantung selera) kemudian dirangkai sedemikian rupa guna membentuk kerangka layangan. Setelah kerangka terbentuk langkah selanjutnya adalah memasang kulit layangan yang dapat berupa kertas, plastik tipis, atau kain ringan. Pemasangannya dilakukan secara hati-hati agar layangan dapat terbang stabil.

Apabila layangan telah terbentuk, di bagian pertemuan antarrangka dan ekor diikatkan tali panjang guna memasang tali kama/goci/timba sebagai penentu arah layangan. Pada bagian ujung tali kama diikat tali pengendali berbahan dacron yang panjangnya puluhan meter. Tali pengendali ini digulung dalam wadah berbentuk lingkaran terbuat dari kaleng, kayu, atau pun plastik.

Sedangkan apabila ingin menerbangkannya hendaklah dicari tempat terbuka yang berangin kencang dan stabil agar layangan mudah mengangkasa. Ketika telah mendapat lokasi yang cocok lepaskan layangan secara perlahan agar terbang dengan baik. (gufron)
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Pocong Gemoy

Archive