Curug Cikaso

Provinsi Jawa Barat memiliki banyak obyek wisata yang dapat dijadikan sebagai "ladang" pendapatan daerahnya. Salah satu dari sekian banyak obyek wisata tersebut adalah Curug Cikaso. Curug Cikaso adalah sebuah obyek wisata alam berupa air terjun (curug) yang terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Obyek wisata ini sebenarnya bernama Curug Luhur, namun karena aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso, maka kebanyakan orang menyebutnya Curug Cikaso (disparbud.jabarprov.go.id).

Untuk mencapai obyek wisata Curug Cikaso yang mempunyai titik koordinat 7° 21' 40.13" S 106° 37' 3.88" E dapat ditempuh melalui beberapa rute (menggunakan kendaraan pribadi atau umum) karena hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 30 kilometer dari Ujunggenteng, 70 kilometer dari Pelabuhanratu, dan 110 kilometer dari Kota Sukabumi. Rute pertama, menurut id.wikipedia.org, dapat ditempuh dari Kota Sukabumi ke selatan menuju arah Pantai Ujung Genteng selama kurang lebih empat jam perjalanan. Bila telah sampai di pertigaan Cinagean, Jampang Kulon, dapat menuju arah Cikaso sejauh lima kilometer. Namun bila sampainya di pertigaan Cibarehong arah SMAN 1 Surade, maka perjalanan menuju curug hanya tinggal sejauh tiga kilometer lagi.

Sedangkan rute lainnya, menurut utiket.com, dari Surade yang hanya berjarak sekitar delapan kilometer menuju pertigaan Jalan Cikaso menggunakan angkutan umum trayek Surade - Cikaso dengan tarif tarif Rp.6.000,00 per orang (sebelum BBM naik). Setelah tiba di pertigaan Jalan Cikaso perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh beberapa kilometer melewati lahan persawahan dan perladangan milik penduduk. Namun apabila malas berjalan kaki terlalu jauh, dapat pula menggunakan jasa sampan yang banyak "ngetem" di sekitar jembatan Cikaso dekat pertigaan. Ongkosnya antara Rp.70.000,00-Rp.80.000,00 per sampan berisi 10-12 orang penumpang. Kemudian, baru dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 100 meter menuju lokasi Curug Cikaso.

Kondisi Curug Cikaso dan Fasilitas yang Tersedia
Curug Cikaso merupakan bentukan dari tiga curug (air terjun) berketinggian sekitar 80 meter, yaitu: Curug Asepan di bagian kiri, Curug Meong di bagian tengah, dan Curug Aki yang letaknya agak tersembunyi di bagian kanan (timur). Ketiganya bertemu dan membentuk sebuah kolam besar dengan warna airnya yang hijau kebiru-biruan. Di kolam ini pengunjung dapat mandi, berenang, atau hanya sekadar bermain air sambil bercengkerama bersama keluarga. Namun, bila tidak ingin berenang atau bermain air, pengunjung masih dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah di sekitar curug, terutama pada pagi hari, saat limpahan air terjun membentuk butiran-butiran halus akibat terkena bias terpaan sinar matahari yang baru terbit.

Dan, apabila merasa lapar karena telah puas bermain, di sekitar curug terdapat warung-warung sederhana yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Selain warung, pihak pengelola obyek wisata Curug Cikaso juga menyediakan kios-kios penjual cinderamata, jasa penyewaan pelampung, dan dua buah MCK sebagai tempat membilas tubuh atau buang hajat. Sebagai catatan, untuk dapat menikmati keindahan Curug Cikaso, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp.2.000,00 untuk tiket masuknya. (gufron)

Foto: http://www.anjieya.com/2012/06/beauty-of-cikaso-waterfall-sukabumi.html
Sumber:
"Curug Cikaso", diakses dari http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=278&lang=, tanggal 25 November 2014.

"Air Terjun Cikaso - Sukabumi", diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/Air_terjun_Cikaso_-_Sukabumi, tanggal 25 November 2014.

"Curug Cikaso Bandung, Indonesia", diakses dari http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/bandung/306-curug_cikaso.html, tanggal 26 November 2014.
hal
Dilihat: