Mini Zoo Kijang

Di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, kata "Kijang" tidak selalu dikaitkan dengan binatang yang oleh kbbi.web.id didefinisikan sebagai menyusui, sebangsa rusa kecil, cepat larinya, dan bertanduk pendek. Kata "Kijang" juga merupakan ibu kota Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan. Di Kijang ada sebuah kebun binatang kecil (mini zoo) yang berlokasi di Jalan Tengiri, Kota Kijang (wartakepri.co.id). Untuk mencapainya (menggunakan kendaraan pribadi), baik dari Kota Tanjungpinang (ibu kota Provinsi Kepulauan Riau) mapun Tanjunguban (kecamatan Bintan Utara) relatif mudah karena kondisi jalan relatif baik.

Sesuai dengan namanya (mini zoo), objek wisata ini merupakan tempat untuk mempertunjukkan satwa liar yang dipelihara dalam lingkungan buatan berskala kecil. Adapun tujuannya, bagi masyarakat dapat sebagai tempat rekreasi maupun sarana pendidikan, riset, atau konservasi satwa yang terancam punah. Sementara menurut wisatastevenly.blogspot.co.id, oleh Pemerintah Kabupaten Bintan mini zoo ditujukan sebagai "aksesoris" kota di bawah pengawasan Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP). Sedangkan versi lain berada di bawah Dinas Kehutanan dan Pertanian Bintan (batam.tribunnews.com).

Kebun binatang mini yang diresmikan pada tahun 2011 ini memiliki luas sekitar satu hektar. Walau berukuran relatif kecil Mini Zoo Kijang mengkoleksi beraneka macam satwa yang dipelihara dalam kandang atau sangkar, di antaranya: orang utan, tupai, ular, buaya, beruang, iguana, kakak tua, cendrawasih, elang, beruang madu, rusa tanduk cabang, elang laut, ikan, elang kepala putih, merak, kelinci, kelelawar, musang, tupai, dan kupu-kupu (sarahjalan.com).

Fasilitas Mini Zoo Kijang
Fasilitas penunjang objek wisata Mini Zoo Kijang tergolong lengkap, yaitu: toilet, tempat parkir yang relatif luas, mushola, ruang khusus bagi ibu menyusui, kantin, wahana permainan anak (ayudan dan perosotan), dan pondok-pondok sederhana (gazebo) yang berada di tepian danau (tempat.co.id).

Bagaimana? Anda berminat membawa keluarga berekreasi ke Mini Zoo Kijang sembari mengajari sang buah hati tetang keanekaragaman fauna dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan? Apabila berminat Mini Zoo Kijang dibuka gratis untuk umum dari hari Senin-Minggu mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir, bergantung dari kendaraan yang dibawa (roda dua atau empat).

Sebagai catatan, apabila belum puas, tidak berapa jauh dari mini zoo ada Kijang City Walk yang dibangun sekitar tahun 2015 sebagai area rekreasi bagi warga Kijang dan sekitarnya. Di kawasan ini, selain terdapat sebuah jembatan panjang yang dapat digunakan sebagai tempat"nongkrong", juga wahana permainan anak serta sarana berolahraga. (ali gufron)

Foto: http://wartakepri.co.id/2016/01/03/liburan-ke-bintan-lebih-lengkap-jika-bisa-berkunjung-ke-mini-zoo-kijang/
Sumber:
"Kijang", diakses dari https://kbbi.web.id/kijang, tanggal 23 November 2017.

"Kijang City Walk dan Mini Zoo Di Kijang Bintan - Kepulauan Riau", diakses dari http://www.sarahjalan.com/2017/02/kijang-city-walk-dan-mini-zoo-di-kijang.html, tanggal 25 November 2017.

"Mini Zoo Kijang", diakses dari https://www.tempat.co.id/wisata/Mini-Zoo-Kijang, tanggal 25 November 2017.

"Liburan ke Bintan Lebih Lengkap Jika Bisa Berkunjung ke Mini Zoo Kijang", diakses dari http://wartakepri.co.id/2016/01/03/liburan-ke-bintan-lebih-lengkap-jika-bisa-berkunjung-ke-mini-zoo-kijang/, tanggal 26 November 2017.

"Kebun Binatang Mini Zoo Kijang", diakses dari http://wisatastevenly.blogspot.co.id/2014/06/kebun-binatang-mini-zoo-kijang.html, tanggal 26 November 2017.

"Banyak Koleksi Satwa di Mini Zoo Kijang Berkurang, Ini Jawaban Kepala Dinas Bintan", diakses dari http://batam.tribunnews.com/2016/09/19/banyak-koleksi-satwa-di-mini-zoo-kijang-berkurang-ini-jawaban-kepala-dinas-bintan, tanggal 26 November 2017.
hal
Dilihat: