Air Terjun Gunung Lengkuas

Di antara Kota Tanjungpinang dan Kota Kijang terdapat sebuah gunung atau lebih tepatnya bukit yang puncaknya berketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan air laut. Oleh masyarakat setempat gunung itu disebut sebagai Lengkuas dan menjadi wilayah dari Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, Kepulauan Riau. Walau berukuran relatif kecil, gunung ini memiliki daya tarik tersendiri berupa air terjun yang diberi nama sesuai dengan lokasinya, yaitu Air Terjun Gunung Lengkuas.

Untuk mencapainya, dari Kota Tanjungping relatif mudah karena berjarak hanya sekitar 22 kilometer. Adapun rutenya, bila telah berada di batu (kilometer) 10 mengambil arah kanan menuju Kijang. Setelah sampai di pertigaan dekat Masjid Nurul Huda belok kanan menuju Gang Wisata sejauh sekitar 500 meter ke sebuah pondok kecil di tengah ladang guna memarkirkan kendaraan bermotor (tanpa dipungut biaya). Dan, dari pondok tersebut dilanjut dengan berjalan kaki menyusur jalan setapak sejauh satu kilometer atau sekitar 30 menit menuju lokasi air terjun. Di sepanjang perjalanan tidak akan menemui warung atau toko, melainkan hanya lahan perkebunan serta hamparan tetumbuhan khas hutan.

Sesampai di lokasi, akan terlihat sebuah air terjun berketinggian sekitar 20 meter dengan debit air bergantung musim. Apabila musim penghujan, air yang berasal dari perbukitan di sekitarnya akan mengalir deras melalui sungai-sungai kecil menuju ke air terjun. Namun bila musim kemarau tiba, debit airnya relatif kecil.

Di lokasi ini pengunjung dapat menikmati indahnya curahan air yang terjun dan membentuk sebuah kolam kecil berukuran sekitar 6x10 meter dengan kedalaman hingga satu meter. Selain itu, di sekitar kolam dapat juga dijadikan sebagai tempat berkemah, berpetualang, atau hanya sekadar menikmati keindahan alam. Namun, karena lokasi air terjun yang cukup terpencil dan relatif sulit diakses, fasilitas penunjangnya tidak terawat baik, berupa dua buah balai beton dan sebuah toilet. (ali gufron)

Foto: https://www.tempat.co.id/wisata/Air-Terjun-Gunung-Lengkuas
Dilihat: