Situs Curug Mas

Pembangunan Waduk Jatigede tidak hanya berdampak pada hilangnya sejumlah desa di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Sumedang (lebih lengkapnya lihat di sini). Selain desa yang membuat penduduknya harus direlokasi, area terdampak Waduk Jatigede juga meliputi 25 buah situs peninggalan Kerajaan Sumedang Larang (www.cnnindonesia.com). Salah satunya adalah Situs Curug Mas yang berlokasi di Dusun Cadasngampar, Desa Sukakersa, Kecamatan Jatigede (fajarsusilowati.blogspot.co.id).

Situs Curug Mas terdiri atas tiga objek, yaitu: (1) makam keramat Embah Dalem Panungtung Haji Putih Sungklanglarang (penyabar agama Islam dari Kesultanan Mataram) yang telah berkeramik warna putih, pagar bertutup kain warna merah-putih, dan bangunan tempat peziarah berkumpul. Di sekitar jalan menuju makam Embah Dalem Panungtung ada tiga buah makam lagi yang nisannya terbuat dari tumpukan batu kali, yaitu makam Embah Cokrowiryo/Angling Dharma, Uyut Jagadinata, dan Uyut Gelung Sakti; (2) air terjun (curug) Mas yang diyakini sebagai tempat menyimpan bokor emas, bekakak ayam emas, serta tumpeng emas; dan (3) sumur keramat yang diberi nama Sumur Bandung. Menurut sumedangtandang.com, masyarakat setempat percaya bahwa di sekitar air terjun "dijaga" oleh makhluk halus (roh) bernama Haji Saleh dan Nyi Mas Ratu Agan Mas, sementara di Sumur Bandung oleh Centring Manik dan Langlang Buana.
Foto: Ali Gufron
Sumber:
"Puluhan Situs Sejarah Sumedang Siap Ditenggelamkan Jatigede", diakses dari http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150730124307-20-69072/puluhan-situs-sejarah-sumedang-siap-ditenggelamkan-jatigede/, tanggal 2 Oktober 2016.

"Situs Curug Mas", diakses dari http://sumedangtandang.com/direktori/detail/situs-curug-mas.htm, tanggal 3 Oktober 2016.

"Curug Mas Sumedang", diakses dari http://fajarsusilowati.blogspot.co.id/2009/03/curug-mas-sumedang.html, tanggal 3 Oktober 2016.
hal
Dilihat: