Alimuddin Umar

Alimuddin Umar merupakan salah satu tokoh berpengaruh yang berjasa dalam pendirian Kabupaten Lampung Barat sebagai salah satu wilayah yang dulunya menjadi bagian dari Kabupaten Lampung Utara (lenteraswaralampung.com). Sosok rendah hati yang pernah menjabat sebagai Walikota Bandar Lampung periode 1963-1969 dan Ketua DPRD Lampung 1987-1992 ini lahir di Kenali, Belalau, Lampung Barat pada tanggal 23 Maret 1928 (id.wikipedia.org).

Selain sebagai ketua DPRD dan walikota Alimuddin juga pernah mengemban amanah sebagai anggota DPR RI periode 1990-1997 dan Komandan Polisi Militer (Danpom) Garuda Hitam Provinsi Lampung periode 1948-1948. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila dibalik sosoknya yang rendah hati dan sederhana tersimpan tersimpan jiwa pekerja keras dan memiliki disiplin tinggi layaknya seorang prajurit (saliwanovanadiputra.blogspot.co.id).

Sebagai mantan prajurit, pria yang menikah dengan Rosmasari dan dikaruniai delapan belas orang cucu serta enam belas orang cicit ini mampu menjembatani dikotomi antara birokrat sipil dan militer guna membangun Lampung. Alimuddin berhasil menjadi pemimpin yang bijaksana dalam menanamkan semangat kerja keras kepada masyarakat Lampung. Dia juga berhasil menjadi figur yang selalu dapat mengayomi serta memberi motivasi sehingga dijadikan sebagai panutan bagi masyarakat.

Setelah mengabdikan dirinya bagi kemajuan masyarakat Lampung, Alimuddin Umar berpulang ke Rahmatullah pada hari Rabu 3 Oktober 2012 dalam usia 84 tahun. Mengikuti amanahnya, almarhum yang sebenarnya layak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Provinsi Lampung lebih memilih menyatu dengan masyarakat kebayakan di Taman Pemakaman Umum Pahoman. Atas jasa-jasanya terhadap Bumi Ruwa Jurai khususnya Kabupaten Lampung Barat, namanya kemudian diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Umum Daerah Liwa.

Foto: https://id.wikipedia.org/wiki/Alimuddin_Umar
Sumber:
"Alimuddin Umar Tokoh Lampung dari Sekala Brak", diakses dari http://saliwanovanadiputra.blogspot.co.id/2016/02/alimuddin-umar-tokoh-lampung-dari.html, tanggal 16 Oktober 2016.

"RSUD Liwa Sematkan Nama Tokoh Lampung", diakses dari http://lenteraswaralampung.com/berita-532-rsud-liwa-sematkan-nama-tokoh-lampung.html, tanggal 16 Oktober 2016.

"Alimuddin Umar", diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Alimuddin_Umar, tanggal 16 Oktober 2016.
hal
Dilihat: