Curug Beret

Curug Beret adalah sebuah obyek wisata alam berupa air terjun (curug) yang terletak di Kampung Lemah Neundeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Obyek wisata yang berada dekat dengan Bumi Perkemahan Baru Bolang di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango ini berketinggian sekitar 20-30 meter dengan debit airnya yang tidak terlalu besar.

Untuk dapat mencapai lokasi Curug Beret dari pintu keluar tol Jagorawi hanya berjarak sekitar 11 kilometer. Apabila mengambil rute melewati tanjakan Gadog akan menemui jalan beraspal yang cukup baik, namun sekitar 4 kilometer menjelang lokasi curug jalan menjadi terjal dan berbatu di sekitar perkebunan teh. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki sekitar 20 menit menyusuri jalan setapak yang relatif curam.

Begitu pula bila mengambil rute Pasir Muncang menuju Megamendung, sebab setelah melewati desa terdekat (Desa Sukagalih), jalanan akan berubah menjadi terjal dan berbatu. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan angkutan sepeda motor (ojeg) agar relatif mudah melewati jalanan tidak bersahabat. Adapun tarif sewanya hanya sebesar Rp.50.000,00 untuk waktu setengah hari.

Sesampai di lokasi curug, pengunjung dapat menikmati indahnya curahan air yang terjun dan membentuk sebuah kolam kecil pada bagian bawah. Selain itu, di sekitar kolam dapat juga dijadikan sebagai tempat berkemah, berpetualang, atau hanya sekadar menikmati keindahan alam. Namun, karena lokasi curug yang cukup terpencil dan relatif sulit diakses, fasilitas penunjangnya pun tidak terawat lagi. Jagi, apabila belum merasa puas, tidak jauh dari Curug Beret ada sebuah curug lagi bernama Jambe dengan ketinggian sekitar 100 meter serta Bumi Perkemahan Baru Bolang.

Foto: https://www.youtube.com/watch?v=vv86cllTGX8
hal
Dilihat: