Pantai Krakal

Wisata alam, khususnya wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak sekali jumlahnya. Selain pantai-pantai yang sudah tenar, seperti Baron, Kukup, Sundak, Gesing, Ngobaran, Sepanjang, Wediombo, Drini, Ngandong dan Ngrenehan, terdapat sebuah pantai lain dengan panorama yang tak kalah indahnya. Pantai itu adalah Pantai Krakal yang terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari. Untuk mencapai pantai ini dari Kota Yogyakarta maupun Wonosari relatif mudah karena jalannya telah beraspal dan disertai dengan rambu-rambu petunjuk, sehingga tidak menyulitkan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung.

Sesuai dengan namanya, di sepanjang pantai ini dipenuhi oleh krakal atau bebatuan karang baik berukuran kecil, sedang, maupun besar. Bebatuan karang tersebut dahulu konon berada di dasar laut dan menjadi "rumah" bagi hewan laut. Namun karena ada proses fenomena alam yang sangat panjang, terjadilah pengangkatan kerak bumi yang membuatnya timbul ke permukaan dan menjadi daratan berbatu karang. Pada bagian dari daratan baru itu yang berbatasan langsung dengan laut diberi nama sebagai Pantai Krakal.

Lepas dari masalah penamaan, yang jelas Pantai Krakal dapat dijadikan sebagai obyek wisata alternatif yang tidak kalah indahnya dibanding dengan pantai-pantai lain yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Di pantai yang berpasir putih ini pengunjung dapat menyaksikan bebatuan karang indah sambil menikmati hembusan angin laut yang menyegarkan. Di antara bebatuan itu (yang bagian bawahnya berada di laut) terdapat berbagai macam ikan, diantaranya umbal, damselfish kuning beraksen biru pada bagian punggungnya dan ikan kepe-kepe atau butterflyfish bergaris biru muda dan tua. Khusus untuk umbal yang hidup menempel di bebatuan karang, banyak dicari oleh para nelayan setempat sebagai bahan olahan untuk dibuat rempeyek.

Bagi yang tidak puas hanya berada di bibir pantai, Krakal juga menawarkan ombak yang cocok untuk berselancar, khususnya pada bulan Maret hingga September. Kualitasnya berating lima tipe reef break dengan arah gelombang dari kiri dan kanan. Namun, untuk dapat menikmati gulungan ombak di atas papan selancar haruslah berhati-hati karena dasar lautnya didominasi oleh karang dan juga terdapat hewan-hewan laut berbahaya seperti landak laut serta ubur-ubur.

Dan, sebagaimana tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia. Pantai Krakal dilengkapi pula dengan fasilitas khas tempat rekreasi, seperti kamar mandi untuk bilas, rumah ibadah, panggung hiburan, rumah makan, gardu pandang, penginapan, hotel, hingga areal parkir kendaraan bermotor yang cukup luas. (gufron)

Foto:
http://www.ragamtempatwisata.com/2014/06/keindahan-alam-pantai-krakal-di-gunung-kidul-yogyakarta.html
hal
Dilihat: