Kue Cucuk Gigi

Cucuk gigi merupakan kue kering khas Lampung berbentuk bulat-lonjong dengan ujung meruncing. Konon, karena bentuknya yang lancip dan meruncing mirip seperti tusuk gigi, sehingga orang Lampung lalu menamakannya cucuk gigi. Penganan berasa asin ini umumnya disajikan oleh para ibu rumah tangga sebagai cemilan saat bersantai sambil menonton acara televisi maupun sebagai teman minum kopi bagi para bapak yang sedang berdiskusi.

Cucuk gigi terbuat dari berbagai macam bahan, dengan komposisi: dua kilogram tepung sagu/aci, satu kilogram tepung terigu, empat butir telur ayam, 250 gram mentega, minyak goreng, tiga bonggol bawang putih, kemiri, satu sendok makan ketumbar, garam, irisan sepuluh lembar daun seledri, dan irisan sepuluh lembar daun jeruk.

Adapun proses pembuatannya diawali dengan menghaluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan kemiri. Selanjutnya, campur bumbu-bumbu tersebut dalam adonan tepung terigu dan aduk hingga merata. Bila adonan telah rata dan menggumpal tuangkan mentega cair panas lalu aduk hingga dingin. Kemudian, masukkan telur serta daun jeruk dan daun seledri lalu campur tepung sagu sedikit demi sedikit hingga tidak lengket di tangan. Terakhir, bentuk adonan menyerupai batang korek api lalu digoreng hingga berwarna agak kecoklatan. (ali gufron)

Sumber:
Hindun (54 Tahun)
Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara
hal
Dilihat: