Permainan Cutik

Permainan Cutik adalah suatu permainan menebar karet gelang lalu mencutiknya (mencongkel atau menarik secara perlahan) agar tidak merusak tumpukan karet gelang yang telah ditebarkan. Permainan yang sampai sekarang masih dimainkan oleh anak-anak Betawi ini konon sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Cara bermain cutik adalah dengan meleparkan karet gelang yang berjumlah 2 buah ke lantai. Setelah jatuh di tanah, pemain berusaha membuat garis membelah menggunakan jari tangan di tengah-tengah jarak antara dua karet tersebut. Selama membuat garis tersebut jari pemain dilarang menyentuh karet gelang. Apabila tersentuh maka yang bersangkutan harus diganti oleh pemain lain.

Namun apabila berhasil membuat garis, si pemain akan mencutik salah satu karet gelang agar bisa bertumpukan dengan karet lainnya. Setelah bertumpuk hal selanjutnya adalah memasukkan salah satu jari pada celah pertemuan diantara kedua karet tersebut. Dan, bila pemain berhasil tidak menyentuh karet, maka ia dinyatakan sebagai pemenang. Begitu seterusnya hingga ada pemain yang mendapatkan karet gelang paling banyak dari yang lainnya.

Sumber:
hal
Dilihat: