Keripik Sukun

Di daerah Kepulauan Seribu terdapat satu jenis tumbuhan yang buahnya dijadikan sebagai penganan khas berupa keripik. Tumbuhan tersebut adalah sukun yang buahnya berbentuk lonjong dengan kulit dipenuhi oleh duri-duri kecil yang tidak begitu tajam. Apabila dibelah, daging buahnya berwarna agak kekuning-kuningan.

Oleh penduduk Kepulauan Seribu tanaman sukun dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: sukun keleci, sukun talas, sukun botak, sukun cilacap, dan sukun kuning. Namun, dari beberapa jenis sukun tersebut hanya sukun kuning atau sukun biasa atau sukun pulau seribu yang paling banyak digunakan untuk membuat keripik karena rasanya lebih gurih dan renyah.

Apabila buah sukun ingin dijadikan keripik, cara pengolahannya terbilang cukup sederhana. Pertama, buah sukun yang akan dibuat keripik dikupas dan diiris tipis-tipis. Kemudian tumbuk bumbu berupa kunyit, garam, mecin, dan bawang putih hingga halus lalu larutkan ke dalam ½ liter air. Setelah bumbu larut, masukkan buah sukun yang telah diiris tadi dan diamkan selama beberapa menit hingga bumbu meresap.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng lalu masukkan irisan sukun yang sudah tercampur dengan bumbu. Agar kematangannya merata, bolak-balik posisi sukun di dalam penggorengan. Dan, apabila telah berwarna kekuningan, maka keripik sukun pun sudah siap diangkat dan disajikan.

Foto: http://us.detikfood.com
hal
Dilihat: